Wakil Bupati Datangi Korban Banjir di Translok

Wakil Bupati Datangi Korban Banjir di Translok
Wakil Bupati H. Devi Suhartoni didampingi Kapolres dan Sekda Abdullah Macik saat memberikan bantuan kepada masyarakat translok.
Posted by:

MURATARA – Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni bersama rombongan muspida Kapolres Musi Rawas AKBP Herwansyah Saidi didampingi Waka Polres Kompol Yoga Baskara, anggota TNI dan Sekretaris Daerak (Sekda) Abdullah Macik, Sabtu (28/2) lalu.
Meninjau secara langsung korban banjir di Kecamatan Rawas Ilis seperti Desa Pauh Translok, Batu Kucing, Belani, Tanjung Rajo dan Beringin Teluk. Rombongan menggunakan alat transportasi speedboat atau sering disebut warga sekoci, menyisiri Sungai Rawas untuk tiba di tempat bencana banjir.
Bahkan untuk masuk ke tempat bencana H Devi Suhartoni dan rombongan tidak bisa menggunakan sekoci, dan harus menggunakan alat transportasi ketek, agar bisa sampai di tempat tujuan.
Sesampai di lokasi langsung disambut oleh masyarakat yang sudah lama menunggu kedatangan orang yang nomor dua di Kabupaten Muratara. Serta langsung berdialog dengan warga Translok, mengenai keluhan dan apa yang dibutuhkan masyarakat.
“Saat ini kami hanya melakukan pemantauan dan pendataan terhadap korban banjir di Kecamatan Rawas Ilis. Nah setelah semuanya didata bisa mengetahui keluhan atau kebutuhan masyarakat. Dengan terjun ke lapangan secara langsung bisa mengetahui keadaan masyarakat dan juga keluhannya, “ujarnya.
Menurutnya kegiatan seperti ini adalah tugas pemerintah untuk melihat masyarakatnya yang sedang dilanda bencana banjir tahunan. Sebab, dengan turun secara langsung bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mereka.
“Dengan turun secara langsung bisa merasakan apa yang diderita oleh masyarakat korban banjir, jangan sampai nantinya masyarakat mempunyai pemikiran pemerintah tidak peduli. Bahkan dengan seperti ini banyak sekali inspirasi yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, “jelas Devi.
Disisi lain, Devi memberikan bantuan dari PT Lonsum dan PT SAP kepada masyarakat Translok. Bantuan tersebut berupa 40 kardus mie instan. Dikatakannya, bantuan dari PT itu salah satu wujud kerjasama pihak pemerintah dengan pihak perusahaan.
“Ini salah satu bentuk kerjasama pemerintah dengan perusahaan, agar keberadaan mereka disini jangan sampai hanya mengambil hasil alam saja, tapi juga harus berbagi dengan masyarakat ketika ada bencana seperti ini, “jelasnya.
Sedangkan bantuan dari pemerintah, lanjut Devi berbentuk beras kepada korban banjir dan bantuan tersebut akan disalurkan minggu depan. “Insya Allah bantuan dari pemerintah minggu depan bisa disalurkan kepada korban bencana banjir, “tuturnya.
Ia mengimbau kepada seluruh Camat yang wilayahnya terkena bencana banjir, agar melakukan pendataan dan datanya harus benar-benar akurat. Sehingga jangan sampai nantinya ada masyarakat yang terkena bencana tidak mendapatkan bantuan.
“Kepada seluruh Camat harus melakukan pendataan, jangan sampai nantinya ada masyarakat yang terkena bencana tidak mendapatkan bantuan,” imbaunya. (adv/cw1)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses