Warga Binaan Ditempah Miliki Keterampilan

Warga Binaan Ditempah Miliki Keterampilan
Posted by:

BANYUASIN – Guna memberikan motivasi kepada warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banyuasin mengadakan kegiatan kompetensi tenaga kerja berbasis otomotif.

 

Kepala Lapas Banyuasin Reza Yudhistira, melalui Kasubsi Pembinaan D Krihastoni, mengatakan, kegiatan ini bertujuan, memberikan motivasi kepada warga binaan untuk memiliki keterampilan di bidang otomotif.

“ Ya, disini warga binaan untuk menekuni keterampilan di bidang otomotif. Jika mereka bebas nanti sudah memiliki skil, dengan demikian dapat bekerja dan membaur dengan masyarakat pada umumnya,” Jelas Pria rambut lurus ini.

 
Sambung dia, Memang pada awalnya ada rasa khawatir dengan  kegiatan yang berbasis otomotif ini. Pada waktu itu khawatir warga binaan menyalahgunakan peralatan otomotif ini untuk membuat sajam.

 
“ Sempat khawatir juga, namun setelah dilakukan pengawasan dan dilakukan pembinaan yang kondusif kepada warga binaan, rasa khawatir itu berubah menjadi hal positif. Mereka membuat alat perlengkapan seperti rak sepatu, jemuran yang dapat mereka pergunakan untuk fasilitas di dalam lapas,” Kata dia.

 
Kegiatan ini, Lapas bekerjasama dengan BLK Banyuasin, dimana tenaga ahli otomotif langsung dari pegawai BLK. “ Lapas hanya menyediakan tempat, untuk tenaga pengajar di isi oleh tenaga ahli dari BLK, kegiatan ini baru dua kali pertemuan, alhamdulillah, beberapa warga binaan sudah memahami cara kerjanya,” Lanjut dia.

 
Sementara Kasi Pelatihan kerja Febrian Malino, mengatakan, disini warga binaan, ditempah menjadi produktivas dengan mengikuti program penigkatan kompetensi Berbasis otomotif dan keterampilan menggunakan mesin las.

 
“ Mereka dibimbing dari mulai bongkar pasang mesin sepeda motor hingga tata cara memotong dan menyambung besi dengan mesin las hingga menjadi bahan yang dapat dipergunakan, seperti rak sepatu, jemuran hingga pot kembang,” ujar dia.

 
Tidak hanya itu saja, lanjut Febrian Malino, warga binaan nantinya akan memalui ujian terlebih dulu, jika mereka dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat.

 
“ Warga binaan tersebut akan mengikuti ujian, nantinya setelah dinyatakan lulus, akan diberikan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” Tandas dia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses