Warga Curhat dengan Kak Wari Soal Sulitnya Dapatkan Air Bersih

Warga Curhat dengan Kak Wari Soal Sulitnya Dapatkan Air Bersih
Cagub Sumsel H Aswari Rifai menggendong anak salah seorang warga. foto ist
Posted by:

Banyuasin – Meski bersebelahan dengan kota Palembang sebagai ibu kota provinsi, namun fasilitas pelayanan publik di Kecanatan Talang Kelapa, Banyuasin jauh tertinggal. Jangankan menikmati fasilitas berupa jalan-jalan yang mulus, kebutuhan air bersih saja sulit didapatkan. Karena, PDAM yang ada terkadang hidup dua minggu sekali.

“Di sini susah air, sekarang masih mending lagi musim hujan. Bila masuk kemarau, kami harus pontang-panting mendapatkan air bersih,” cerita Komar (48) warga Buluh Jadongan Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, saat dijunjungi Kak Wari.

Bagi yang memiliki duit lebih, bisa membeli air tangki seharga Rp 175 ribu untuk 5000 liter. Itupun harus punya penampungan yang cukup besar untuk menyimpan air. “Sayangnya di sini rata-tata masyarakat kecil, terpaksa harus ngangkut air rawa untuk aktifitas sehari-hari,” katanya.

Warga percaya, Kak Wari dapat menyelesaikan persoalan ini. Karena, meskipun sudah berkali-kali berganti bupati dan gubernur, tetapi masalah air bersih ini tak kunjung selesai. “Melihat program Kak Wari dan kesuksesannya selama dua periode memimpin kabupaten Lahat, kami optimis maslah air bersih ini bisa diselesaikan,” katanya.

Menanggapi itu, Cagub Sumsel Saifudin Aswari yang didampingi fungsionaris DPD Gerindra Sumsel, Sujarwoto mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan pokok dan masyarakat wajib mendapatkan itu dengan mudah. “Kami telah menyiapkan program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak hanya air bersih, tapi infrastruktur jalan, listrik, serta pemberddayaan ekonomi masyarakat, baik dibidang pertanian dan perkebunan maupun UMKM. Pembangunan yang merata dan proporsional akan kita lakukan,” bebernya.

Khusus untuk penberdayaan ekonomi, Cagub Sumsel yang diusung partai Gerindra dan PKS ini, akan mengadopsi pola One Kecamatan One Center of Enterpreneur Ship (OK OC) nya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. “Kita akan coba terapkan Oke OC di Sumsel, namun dimodifikasi sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, H Budiarto Marsul, Ketua Tim Pemenangan Aswari-Irwansyah mengatakan, kalau Aswari merupakan salah satu daru sedikit kepala daerah yang telah terbukti berhasil menangani masalah air bersih. Buktinya, di Lahat hampir seluruh wilayah di Kota lahat telah teraliri air bersih. Oleh sebab itu, bila kelak dipercaya memimpin Sumsel, bukan hal yang sulit bagi Aswari untuk merealisasikan keluhan warga tersebut. (rel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses