Warga Diminta Jangan Golput

Warga Diminta Jangan Golput
Posted by:

*KPU Sumsel Sosialisasi Pemilih di TPA Sukawinatan

Palembang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel terus melakukan sosialisasi, untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pemilihan gubernur dan pemilihan kabupaten/kota, pada 27 Juni mendatang. Kali ini sosialisasi dilakukan di kawasan pembuangan sampah, TPA Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya Kecmatan Sukarami, Palembang, Jumat (25/5/2018).
Dihadapkan ratusan pemulung dan warga kelurahan Suka Jaya, komisioner KPU Sumsel Devisi Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat, Ahmad Naafi mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momen pilkada ini untuk memilih calon kepala daerah, untuk 5 tahun kedepan. ”Nasib daerah ini ada ditangan bapak ibu semua, oleh sebab itu jangan pernah berfikir untuk golput. Tetapi manfaatkanlah kesempatan ini untuk memilih pemimpin yang bisa membawa perubahan, pemimpin yang mempunyai program sesuai dengan kebutuhan mayarakat. Jangan memilih karena politik uang atau iming-iming lainnya,” tegas Naafi.
Pada kesempatan yang sama Naafi juga mengingatkan masyarakat untuk hati hati agar tidak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan politik pribadi atau kelompok. “Jangan mau bila ada yang mengajak mencoblos dua kali, atau menyuruh orang yang tidak punya hak pilih untuk mencoblos. Akibatnya fatal, bisa dipenjara,” kata mantan jurnalis tersebut.
Dalam sosialisasi itu Naafi memberikan pemahaman singkat pada masyarakat tentang tahapan pemilihan dan tata cara pencoblosan. Mulai dari datang ke TPS, cara mendaftar, cara mencoblos yang sah dan mencelupkan tinta usai pencoblosan. “Luangkan waktu pada 27 Juni 2018 nanti untuk mencoblos. Ingat 5 D di TPS, datang, daftar, duduk, dicoblos, dimasukkan lalu dicelup,” katanya.
Sementara Ketua RW 10 Kelurahan Sukajaya, Djohan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. ”Kami sangat bersyukur, karena masih diperhatikan oleh pemerintah dalam hal ini KPU dan Palembang Pos. kami harap, apa yang dilakukan hari ini, bisa memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menggunakan hak suara. Insyak Allah saat pencoblosan nanti semua warga kami datang ke TPS,” harapnya.
Sosialisasi pemilih yang dilakukan KPU bersama Palembang Pos ini mendapat sambutan positif dari warga sekitar TPA Sukawinatan. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang bertanya maupun mendengarkan setiap penjelasan dari narasumber.(del/adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses