Warga Miskin Rentan Korban Perdagangan Manusia

Warga Miskin Rentan  Korban Perdagangan Manusia
H Ishak Mekki memberikan keterangan pers usai kegiatan sosialisasi di Gedung Kesenian Kayuagung, Ogan Ilir, Selasa (18/4). Foto Muin Palembang Pos
Posted by:

KAYUAGUNG – Ketua Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang Sumsel Ir H Ishak Mekki MM mengungkapkan, masyarakat kaum bawah (miskin, Red) sangat rentan menjadi korban perdagangan manusia.Demikian ditegaskannya saat menghadiri sosialisasi pencegahan perdagangan orang di Gedung Kesenian Kayuagung, Selasa (18/4). Kata Wagub Sumsel ini, perdagangan orang juga terjadi di Sumsel. Tahun 2015 ada belasan kasus, tahun 2016 ada 5 kasus tahun ini baru 1 kasus.

“Kasus ini yang terdata karena dilaporkan. Pasti ada kasus lain yang belum atau tidak dilaporkan,” tandasnya.
“Jadi kita harus sosialisasi kepada masyarakat. Korbannya warga miskin, pendidikan rendah dan pengangguran. Ini mudah dirayu oknum untuk mencari keuntungan. Mari kita cegah agar ke depan tidak terperosok ke sana,”pinta dia, Rabu (19/4). Dia mengajak semua pihak mewaspadai dan mencegah perdagangan orang dengan cara bersinergi agar kasus di atas di Sumsel bisa berkurang. Ia mencontohkan di sepanjang Jalintim OKI banyak warung esek-esek dan itu harus diwaspadai. Tak lama lagi masuk Ramadhan jadi harus disiasati.

Kepala Dinas Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak OKI Indahwati SPd MM mengatakan, metode sosialisasi dengan cara ceramah dan diskusi. Peserta sosialisasi mencapai ratusan orang dari urusan SKPD, camat, lurah, Kades dan pelajar serya tokoh masyarakat. Wabup OKI HM Rifai SE menambahkan, sosialisasi ini untuk mencegah dan menanggulangi perdagangan orang di OKI. Ini merupakan masalah serius dan sisi sosial, politik dan budaya. Praktek perbudakan haris diwaspadai dan menjadi perhatian. “Namun hingga saat ini belum ada kasus perdagangan orang di OKI,”katanya. (jem)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses