Warga Serahkan 4 Ekor Burung Merak

Warga Serahkan 4 Ekor Burung Merak
Petugas saat memeriksa empat ekor burung jenis merak hijau yang merupakan serahan secara sukarela warga ke Polda Sumsel. Foto : Agus/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sedikitnya empat ekor burung jenis merak hijau, diserahkan oleh masyarakat kepada Polda Sumsel, Senin (15/8), sekitar pukul 11.30 WIB. Diketahui keempat burung tersebut diserahkan oleh pemeliharanya yang merupakan warga Jakarta.

Keempat burung yang masuk dalam salah satu daftar burung dilindungi negara tersebut, dibawa ke Polda Sumsel dengan cara diangkut menggunakan mobil jenis pickup, beserta sangkarnya, setelah diserahkan oleh pemeliharanya.

Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Tulus Sinaga mengatakan, burung tersebut dibawa ke Polda Sumsel setelah secara sukarela diserahkan oleh pemeliharanya. “Pemeliharanya warga Jakarta, tapi burung tersebut dipelihara di Palembang,” jelasnya usai penyerahan burung tersebut di Mapolda Sumsel, Senin (15/8).

Berdasarkan dari keterangan yang bersangkutan, sambung dia, burung tersebut didapat dari hasil usaha penangkaran yang dilakukan di Jakarta. “Yang bersangkutan memiliki usaha penangkaran resmi, dan ada izinnya di Jakarta,” ujar dia.

Selanjutnya, setelah berusia sekitar satu tahun, burung tersebut dibawa untuk dipelihara di rumahnya yang berada di Palembang. “Informasinya, burung ini sudah dipelihara selama empat tahun,” beber Tulus.

Usai diserahkan ke Polda Sumsel, lanjut Tulus, keempat ekor burung tersebut akan diserahkan kepada pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan, untuk dirawat dan dikembalikan ke habitatnya.

“Kita juga memberi apresiasi kepada warga yang bersangkutan, karena telah mau secara sukarela menyerahkan burung tersebut. Dan jika kedapatan dimiliki secara pribadi, maka akan dijerat dengan UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam, dengan ancaman di atas lima tahun penjara,” tandasnya. (cw02)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses