Warga Talang Lubuk Terancam Terisolasi

Warga Talang Lubuk Terancam Terisolasi
Posted by:

Jembatan Penghubung Nyaris Ambruk

BANYUASIN – Jembatan penghubung antar desa,  yang melintasi sungai di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, sangat memprihatinkan dan membahayakan anak-anak sekolah yang melintas.

Kondisi Jembatan yang rusak parah itu telah berlangsung lama. Akibatnya masyarakat beberapa desa ekstra hati-hati saat meniti jembatan itu. Banyak papan dan kayu yang telah rapuh dan lubang-lubang besar pada lantai jembatan itu menganga. Jadi langsung terlihat sungai di bawahnya.

“Jembatan ini sudah lama rusak, dan hanya ditambal secara swadaya oleh masyarakat dengan papan seadanya. Sekarang sudah rusak parah. Anak-anak sekolah semuanya lewat sini,  tidak ada jalan lain. Padahal kondisi jempatan membahayakan para pelajar,” kata Iyan Putra Bungsu, guru yang tinggal di Desa Talang Lubuk.

Iyan juga mengatakan, jembatan tersebut digunakan masyarakat beberapa desa yang terhubung. Lokasi SD 1 dan SMP 3 di seberang desa membuat jembatan tersebut menjadi sarana penyeberangan satu-satunya yang terdekat.

“Bahaya sekali kalau lewat situ, kasihan anak-anak sekolah. Kalau pakai perahu mereka jauh sekali ke sekolah. Sampai saat ini belum ada perbaikan Jembatan itu,” keluh dia.

Terpisah, ketika dihubungi, Kades Desa Talang Lubuk  Sanusi mengatakan, kondisi jembatan tersebut rusak parah dan merupakan jalur satu satunya akses masyarkat beberapa desa.

“Jembatan itu penghubung beberapa desa, warga semuanya melintas di situ. Kami sudah coba ingin gunakan dana desa tapi tidak boleh. Dan kami sudah beritahukan ke pihak Pemkab kondisi jembatan itu. Namun hingga saat ini belum ada perbaikan dari pihak pemerintah. Kalau jembatan tersebut roboh, warga desa terancam terisolasi. Karena satu satunya jembatan penghubung antar desa tetangga,” tukasnya. (cw04)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses