Wari Ajak Masyarakat Sukseskan Kampung KB

Wari Ajak Masyarakat Sukseskan Kampung KB
H Saifudin Aswari Riva'i.
Posted by:

LAHAT – Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’i SE, mengajak masyarakat untuk ikut andil, dan berperan serta dalam program Keluarga Berencana (KB). Hal ini diungkapkanya melalui Sekda Lahat Nasrun Aswari, saat membuka dan meresmikan langsung Kampung Keluarga Berencana, di Dusun lV Tebat Pesuk Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Senin (11/4).
   “Jalankan semua yang mendukung program tersebut, seperti dengan dua anak cukup, agar dapat menjadikan anak-anak yang berkualitas, serta mensejahterakan keluarga,” ujarnya. Dirinya juga meminta peran aktif para suami untuk mendukung para istri dalam menjalankan program tersebut.
Sebab menurutnya, untuk mendapatkan keluarga berencana yang sejahtera, suami dan istri harus sama mengerti apa yang dicanangkan dalam program tersebut. “Jangan hanya istri yang aktif, suami juga harus mengerti,” ujarnya.
        Nasrun menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui instansi terkait, nantinya juga akan terus mendukung pembangunan tersebut, dengan memberikan bantuan-bantuan, baik pendidikan, kesehatan.
Hal ini supaya dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga yang sejahtera, sejalan dengan tujuan dari program tersebut. “Jika program tersebut dijalankan dengan baik oleh masyarakat, dapat dipastikan manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri,” jelasnya. 
Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Drs Ari Gudadi mangatakan, program ini dicanangkan, menindak lanjuti Perintah Presiden RI Joko Widodo, yang ingin program KB dapat dirasakan seluruh masyarakat yang ada di daerah terpencil, agar dapat dijama dan dimanfaatkan, khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu. “Ke depan akan kita canangkan setiap kecamatan akan ada satu kampung KB, dengan bersinergi dengan dinas terkait,” ungkapnya.
  Sambung Ari Gudadi, dipilihnya Desa Rindu Hati menjadi Kampung KB yang pertama di Kabupaten Lahat ini, karena masuk dalam kriteria yang sudah ditentukan pihaknya, seperti dari 10 Desa dan 4 Dusun, di Kecamatan Gumay Ulu ini, karena masyarakatnya yang masih banyak kurang mampu, jumlah anak putus sekolah, kesadaran masyarakat untuk menjadi Akseftor KB MKJP masih rendah, dan rumah belum layak huni masih sangat tinggi. “Kampung ini sudah memenuhi kriteria yang ada untuk menjadi kampung KB,” jelasnya.
        Sementara itu, Camat Gumay Ulu Santoso MM, mengaku pihaknya sangat mendukung adanya pencanangan kampung KB diwilayahnya tersebut. Ke depan pihaknya juga mengharapkan pihak terkait dapat saling membantu, agar selanjutnya dapat mengadakan pembinaan serta bantuan-bantuan, baik fisik maupun Non fisik, demi meningkatkan kualitas hidup seluruh warga di Kecamatan Gumay Ulu. (inforialhumas)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses