Waspada Pohon Tua Rawan Tumbang

Waspada Pohon Tua Rawan Tumbang
Posted by:

BANYUASIN – Pohon yang tumbuh di sepanjang ruas jalan menuju Kecamatan Banyuasin I, yang cukup menjulang tinggi sangat rawan tumbang. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, masyarakat dan pengguna jalan diharuskan berwaspada saat melintasi ruas jalan itu.
Pantauan, kemarin, ada terdapat beberapa pohon yang cukup besar dan diperkirakan telah berusia puluhan tahun yang tumbuh di sepanjang jalan. Dahan dan cabang pohon yang cukup besar itu menjulang tepat di atas ruas jalan, dan akan sangat rawan jika sewaktu-waktu hujan deras disertai dengan angin kencang.
Masyarakat setempat cukup mengkhawatirkan hal tersebut. Mengingat musim hujan yang sudah dirasakan kini tentu menjadi momok yang menakutkan. Apalagi pohon besar yang sudah tua itu berdiri tepat di pinggir jalan.
“Takutnya kalau hujan, kebiasaan masyarakat kita ini sering kali berteduh di bawah pohon besar. Tentu ini sangat mengancam siapa saja, lagi enak-enak berteduh, tiba-tiba pohon tumbang karena tertiup angin. Sudah ada contohnya seperti pohon di Betung, tentunya kita berharap itu tidak terjadi disini,” kata Sulaiman, warga Srinanti.
Sementara itu, warga Sambirejo, Agus berharap agar pihak terkait dapat melakukan pemangkasan dahan-dahan pohon yang dirasakan sudah terlalu panjang dan tinggi. “Memang sebaiknya dipangkas, agar memberikan rasa aman bagi masyarakat dan pengguna jalan,” ujarnya.
Camat Banyuasin I, NoffaredySSos MM menghimbau agar masyarakat untuk lebih berhati-hati di musim hujan saat ini. Jika memang hendak berteduh dari hujan sebaiknya mencari tepat yang aman dan tidak menggunakan pohon sebagai tempat perlindungan.
“Hindari atau jangan berlindung di bawah pohon kalau sedang hujan karena sangat berbahaya. Carilah tempat yang lebih aman, tentunya musim hujan ini masyarakat harus waspada, bukan hanya pohon yang rawan tumbang, tetapi yang lainnya juga,” imbuhnya. (yan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses