Waw! 35 Unit Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

Waw! 35 Unit  Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung
Rumah warga Desa Tanjung Aur Lahat yang rusak berat akibat dihantam puting beliung, Selasa (18/4). Foto Istimewa
Posted by:

LAHAT – Senin sore (17/4), warga Desa Tanjung Aur, Kecamatan Kikim Tengah, dibuat panik. Angin disertai hujan memporak porandakan 35 unit rumah warga di desa tersebut. Akibatnya dua rumah, satu gilingan padi rusak berat, sisanya mengalami rusak ringan. Saat kejadian sekitar pukul 16.30 WIB, sebagian besar warga sudah berada di dalam rumah. Tiba-tiba angin disertai hujan bertiup kencang. Atap rumah rumah warga pun berterbangan kemana-mana. Bahkan kencangnya tiupan angin tidak saja menyebabkan atap berterbangan, kerangka rumah pun ikut lepas, hingga menjebol rumah lainnya.

“Cepat kejadiannyo, angin samo hujan datang, atap langsung terbang galo,” ujar Fikri (40), warga yang juga mengalami rusak rumah. Saat kejadian, Fikri tengah bekerja di penggilingan padi bersama tiga rekannya. Sapuan angin langsung menerjang, bangunan gilingan padi, yang membuat atap, bahkan rolingdoor gilingan padi ambruk.
Warga lain pun ikut berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Meski puluhah rumah rusak, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Sudah kami data, ada dua rumah yang rusak berat, satu gilingan padi juga rusak berat. Rumah yang rusak ringan sudah diperbaiki secara gotong royong, yang rusak berat akan diberi bantuan material, tapi melalui Dinas Sosial,” kata Kepala BPBD Lahat, Ir Herman Oemar.(rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses