Wong Kito Mulai Kepayahan

Wong Kito Mulai Kepayahan
Hapit Ibrahim, M Ichsan, Thierry Gathuessi, dan Syaiful Indra dapat giliran berendam dalam air es. Foto Rizky/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Latihan keras untuk meningkatkan kebugaran para pemain Sriwijaya FC dianggap telah membuat para pemain mulai kelelahan. Untuk menghindari cedera, Firman Utina dan kawan-kawan direndam dalam air es.
Sesi perendaman dalam air es tersebut dilangsungkan dalam sesi latihan Senin (15/02) pagi di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Pelatih fisik Troy Medicana yang memimpin sesi krioterapi itu. “Kita menjalankan terapi batu es atau krioterapi. Soalnya latihan fisik akhir-akhir ini sudah terlalu berat,” ucapnya.
Ada empat gentong yang disediakan. Secara bergantian penggawa Laskar Wong Kito masuk dan berendam dalam air yang sudah mendekati titik beku tersebut.
“Ini antisipasinya cedera. Lebih baik kita antisipasi cedera daripada mengobati,” terang mantan pelatih Surabaya United ini.
Dijelaskannya, berendam di air yang suhunya mendekati titik beku ini bakal mempercepat pelarutan timbunan asam laktat dalam otot yang terbentuk akibat latihan fisik berat. Saat asam laktat berlebihan, kerja otot bakal terganggu. “Awalnya memang pemain terasa beku, tapi setelah setengah jam akan dirasa lebih nyaman ototnya,” tegas Troy.
Secara fisik, dikatakan Troy, para pemain Sriwijaya FC terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikannya dalam dua kali sesi tes fisik. Selain itu, dalam pengamatannya, para pemain mampu tampil stabil dalam game internal dan tidak ngos-ngosan.
Sementara sekretaris tim Sriwijaya FC Achmad Haris menyebutkan, pihaknya memang diminta pelatih fisik untuk menyiapkan sesi terapi air es. Dijelaskannya, terapi air es ini hanya sesekali dilakukan.
“Pelatih fisik bilang terapi ini dibutuhkan saat terlihat pemain sudah kelelahan saja. Jadi sepertinya tidak akan diulangi dalam waktu dekat ini,” tutupnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses