Operasikan Mobil Perpustakaan Keliling

Operasikan Mobil Perpustakaan Keliling
Posted by:

 

 

MUARADUA – Untuk memupuk minat baca para pelajar, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) mulai memaksimalkan mobil perpustakaan keliling untuk menyambangi sekolah-sekolah.

Seperti yang lakukan Rabu (8/8/18) di salah satu sekolah SDN 1 Muaradua OKU Selatan. Dari pantauan di lapangan, para pelajar di sekolah tersebut tampak antusias mendatangi mobil perpustakaan untuk mengambil sebuah buku yang akan dibaca.

Andi salah satu pelajar SDN 1 Muaradua saat dibincangi awak media mengaku cukup gembira dengan adanya mobil perpustakaan keliling yang menyambangi sekolah tempatnya menimba ilmu.

“Senanglah, karena kami bisa membaca buku dengan gratis dan bisa memilih buku apa yang mau kami baca. Setelah kita mengikuti pelajaran di dalam kelas, pada istirahat kita bisa membaca buku, lebih baik membaca buku dari pada bermain supaya kita pintar,” ucapnya.

Terkait beroperasinya mobil perpustakaan keliling ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) OKU Selatan Drs Tabrani MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Estyka Yasari Pratiwi SKM mengatakan, beroperasinya mobil perpustakaan keliling bertujuan agar mempermudah akses bagi seruruh siswa dalam membaca.

“Jadi dengan adanya mobil keliling ini, para siswa di daerah ini tidak perlu repot-repot datang ke Perpustakaan. Bila mau datang ke Perpustakaan kita buka hari Senin-Jumat,” kata Esty.

Dia menjelaskan, jumlah buku yang tersedia di mobil keliling ini juga cukup beragam, mulai buku-buku umum, buku agama, buku koleksi anak dan lain-lain. Adapun untuk petugasnya sendiri berasal Dari dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Selatan khususnya bidang layanan.

“Langkah ini, untuk menggalakkan minat baca mulai sejak dini pada pendidikan dasar. Untuk lebih dekat dan memudahkan layanan, perpustakaan keliling datang langsung ke sekolah-sekolah sebagai sarana sarana edukatif dan rekreatif,” jelasnya.

Menurutnya, mencerdaskan generasi bangsa adalah tugas serta tanggung jawab bersama. Ada banyak cara untuk menggali minat baca, salah satunya dengan mendatangi sekolah-sekolah dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling.

Dijelaskan Esty,  pihaknya sudah mendatangi sekolah-sekolah seperti, SMPN 1 Simpang, SDN 15 Muaradua, SMPN 1 Buay Sandang Aji, SDN Gunung Terang kecamatan Buay Sandang Aji dan SDN 1 Muaradua.

“Kita melakukanya sebulan sekali perpustakaan keliling untuk menyambangi sekolah, guna menumbuhkan minat baca siswa-siswi di OKU Selatan. Untuk diketahui, Dinas perpustakaan OKU Selatan buka setiap hari Senin sampai Jumat dan boleh meminjam Buku gratis, koleksi buku perpustakaan bervariasi dari ilmu pengetahuan umum dan kesehatan,” tuturnya. (res) 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses