Suka Naik Gunung ? 5 Gunung di Indonesia Ini Wajib Anda Daki

Suka Naik Gunung ? 5 Gunung di Indonesia Ini Wajib Anda Daki
Posted by:

MESKIPUN melelahkan, naik gunung selalu bisa memberikan efek ketagihan bagi para orang yang pernah mencoba mendaki. Karena itu, tidak heran jika makin banyak orang memilih mendaki gunung untuk menghabiskan waktu liburnya, mungkin termasuk Anda juga. Ditambah dengan film-film pendakian yang keren, yang kini banyak bermunculan, antusiasme masyarakat mendaki gunung pun menjadi berlipat ganda.

Memilih menghabiskan waktu libur dengan mendaki gunung tentu akan menyenangkan sekaligus menyehatkan fisik. Akan tetapi, Anda memerlukan waktu yang tidak sedikit guna menjalani rencana yang satu ini. Apalagi jika medannya sulit dan jalur pendakiannya tinggi, waktu yang dibutuhkan oleh Anda untuk sampai ke puncak tentu semakin lama. Nah, guna menyimpan tenaga dan mengefisienkan waktu, lebih baik Anda menuju lokasi dari bandara terdekat, yang berarti menggunakan pesawat sebagai transportasi awalnya. Jangan khawatir mengenai budget sebab kini banyak agen travel yang menjual tiket online dengan harga promo yang terjangkau. Salah satunya adalah Traveloka yang selalu akan membuat Anda bertambah riang karena tidak ada pembebanan biaya administrasi di tiap transaksinya.

Jadi, tunggu apalagi, buruan beli tiket online yang sesuai keinginan Anda. Jika masih bingung hendak mendaki gunung apa pada liburan kali ini, berikut ini adalah 5 rekomendasi gunung-gunung keren di Indonesia yang patut Anda daki minimal sekali seumur hidup. Siap?

1. Gunung Rinjani

A-1

Kawasan yang satu ini kerap menjadi destinasi wisata banyak turis karena menyajikan panorama berbagai pantai yang ciamik. Namun buat para pencinta gunung, Anda punya alasan lain mengapa harus mencari tiket online menuju Lombok. Daerah yang berada di Nusa Tenggara Barat ini memiliki sebuah gunung cantik yang patut Anda daki, yaitu Gunung Rinjani. Gunung setinggi 3.727 meter di atas permukaan laut ini tidak hanya menjanjikan pemandangan di atas awan yang menakjubkan. Anda pun akan terpesona dengan Danau Segara Anak yang menjadi ciri khas gunung ini. Selama pendakian pun, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan padang sabana yang eksotis dari rute Sembalun ataupun hutan hujan tropis yang menyejukkan jika Anda memilih lewat rute Senaru.

2. Gunung Semeru

A-2

Gunung yang satu ini hingga kini tetap menjadi hits, khususnya setelah ada film lokal yang menceritakan pendakian di Gunung Semeru yang super keren. Dari film itu juga, masyarakat menjadi tahu keindahan yang tersembunyi di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Apabila hendak menaklukkan Semeru, Anda bisa memilih penerbangan ke Malang untuk menyingkat waktu, guna kemudian meneruskan perjalanan hingga ke kaki Gunung Semeru menggunakan transportasi darat. Meskipun medannya  cukup sulit dan kerap dibilang berbahaya, panorama tidak terkalahkan bisa Anda lihat langsung begitu tiba di puncak Mahameru. Tidak ketinggalan, terdapat danau yang sangat cantik yang mesti Anda singgahi ketika mendaki gunung setinggi 3.677 meter di atas permukaan laut ini, nama kawasan dikenal sebagai Ranu Kumbolo.

3. Gunung Kerinci

A-3

Pulau Sumatera pun punya sebuah gunung yang mesti Anda daki jika mengaku sebagai pencinta alam yang sesungguhnya. Berada di Kota Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, Anda bisa membeli tiket online ke bandara di Jambi untuk mencapai lokasi gunung ini. Dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, Anda akan merasa berada di negeri di atas awan jika sukses mendaki Gunung Kerinci. Bukan hanya kumpulan awal yang akan menjamu Anda begitu berada di puncak, melainkan juga Anda akan disuguhi pemandangan Kota Jambi dan Padang secara keseluruhan dari ketinggian 3.805 di atas permukaan laut. Pemandangan alam hijau yang menemani Anda selama proses pendakian pun akan menjadi memori indah yang sulit dilupakan jika mendaki gunung yang satu ini.

4. Gunung Merbabu

A-4

Mau melihat panorama matahari terbit terindah dari atas gunung? Jika begitu, Anda harus segera berbenah dan mulai melangkah menuju Gunung Merbabu yang memiliki dua puncak utama, yaitu Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarief. Kedua puncak gunung ini kerap menjadi incaran para pendaki untuk dicapai pada waktu matahari belum terbit. Alasannya tak lain karena semua berlomba melihat secara langsung matahari yang mulai naik dari balik awal cumulus yang membentang bagai permadani. Selain matahari terbitnya, banyak orang juga kerap memilih gunung setinggi 3.145 meter dari atas permukaan laut ini untuk didaki karena Merbabu memiliki nuansa tenang yang mengesankan.

5. Gunung Jayawijaya

A-5

Papua memang eksotis, termasuk karena ada Gunung Jayawijaya yang ada dalam wilayahnya. Gunung setinggi 4.884 meter di atas permukaan laut ini bukan hanya terkenal karena ketinggiannya yang nomor satu di Nusantara, melainkan juga karena ada fenomena alam unik di alam tropis, yang tidak Anda jumpai jika mendaki gunung-gunung lain di Indonesia. Di gunung ini, Anda bisa menyaksikan langsung salju abadi yang selalu ada sepanjang tahun. Tak heran jika pada akhirnya, Jayawijaya atau yang kerap disebut sebagai Cartenz Pyramid ini menjadi salah satu dari 7 gunung dengan puncak tertinggi yang menjadi incaran setiap pendaki. Hanya saja, Anda harus memerlukan usaha ekstra keras jika ingin mendaki gunung ini. Selain wilayahnya yang sulit dijangkau hingga memakan waktu berhari-hari, Anda pun harus memperoleh izin resmi yang lumayan banyak untuk bisa mulai menjejakkan kaki di Jayawijaya. Sanggup?

Dari kelima gunung di atas, sudah ada berapa yang pernah Anda daki? Pertanyaan selanjutnya, kapan Anda akan mengatur jadwal untuk mendaki gunung-gunung lain yang berlum tergapai? Maka dari itu, tentukan segera jadwal liburan Anda dan segera pesan tiket online di agen terpercaya guna merasakan sensasi luar biasa yang bisa Anda lihat ketika mencapai puncak gunung-gunung di atas. (inforial)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses