Ribuan Pelajar Cuci Tangan Serentak

Ribuan Pelajar Cuci Tangan Serentak
Walikota Palembang Harnojoyo memperagakan cara mencuci tangan yang benar di hadapan pelajar
Posted by:

PALEMBANG- Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan sedunia yang jatuh setiap 15 Oktober, ribuan pelajar di Kota Palembang melakukan cuci tangan serentak. Para pelajar SD dan SMP ini diberi pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang benar.

Walikota Palembang, H Harnojoyo yang ikut hadir dalam Gerakan Cuci Tangan, di pelataran Kambang Iwak Palembang, Rabu (18/10) mengatakan, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sudah seharusnya menjadi kebiasaan karena manfaatnya yang baik.

“Sepertinya terlihat sederhana. Tapi, manfaatnya sangat banyak. Bisa menghindarkan diri dari penyakit, seperti diare, infeksi saluran pernafasan akut, flu burung dan penyakit lainnya,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo berharap gerakan mencuci tangan pakai sabun ini bisa membudaya di masyarakat sebagai bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat. “Khususnya untuk generasi muda, para pelajar ini,” ujar Harnojoyo.

Harnojoyo juga mengingatkan para siswa agar senantiasa membudayakan hidup bersih sejak dini dengan menerapkan cuci tangan pakai sabun tiap masuk dan ke luar kelas serta diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

“Kebersihan ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak anak, agar kelak generasi bangsa ini sehat,” ujar Harnojoyo.
Tidak hanya itu, Harno juga mengingatkan kepada siswa-siswi akan pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan, dengan demikian, anak-anak bisa hidup sehat.

“Ini dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia, kita cuci tangan bersama-sama. Kenapa harus cuci tangan, karena dengan cuci tangan kita akan bersih dan menghindarkan penyakit yang masuk ke dalam perut kita,” tambah Harno.

Usai pelaksanaan kegiatan, Walikota Harnojoyo secara langsung mengajak para pelajar melakukan operasi semut dengan memungut sampah yang ada di lokasi acara. Menurutnya, menjaga lingkungan yang bersih perlu peran serta orang tua yang memberikan contoh secara langsung kepada anak-anak.

“Jika anak anak melihat kita (orang tua) memungut sampah secara langsung maka mindsetnya akan tertanam tidak akan membuang sampah sembarangan,” harap Harno. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses