Utamakan Pendidikan Anak

Utamakan Pendidikan Anak
Posted by:

*Belajar Gratis Untuk Anak Keluarga Prasejahtera

PALEMBANG – Rumah Belajar Ceria (RBC) adalah komunitas sosial yg bergerak dibidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Palembang. RBC berdiri 14 Maret 2014 lalu, dengan akta pendirian oleh Notaris Tommy Graha Putra, S.H. M. Kn, Nomor 09 tanggal 11 Mei 2015 dan terdaftar sebagai sebuah komunitas di Kota Palembang dengan Surat Keterangan Terdaftar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palembang.
Komunitas ini juga telah menghadirkan program-program dan kegiatan untuk anak-anak dan masyarakat pra sejahtera tanpa dipungut biaya sedikit pun atau gratis. Tenaga pengajar di RBC adalah relawan yang berasal dari latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda. RBC bersifat dinamis, fleksibel, sosial kemasyarakatan, terbuka, independen, dan tidak mengejar keuntungan.
Dikatakan ketua komunitas RBC, Evan Saputra Project pertama Rumah Belajar Ceria berada di Kampung Sungai Pedado, Kecamatan Keramasan, Palembang, sebuah daerah pinggiran Kota Palembang yang kondisinya cukup memprihatinkan. Dengan jumlah Kepala Keluarga sekitar 400 KK, Sungai Pedado memiliki akses pendidikan yang kurang memadai, tidak memiliki PAUD maupun TK yang dapat memfasilitasi anak-anak Sungai Pedado untuk mendapatkan pendidikan prasekolah, hanya ada sebuah SD, tidak ada SMP mau pun SMA.
“Kala itu, fasilitas sanitasipun seadanya, untuk kebutuhan MCK masyarakat masih mengandalkan air sungai sebagai bahan baku utama, sedangkan pada saat musim surut masyarakat mengalami kekurangan air. Sungai Pedado juga tidak memiliki fasilitas kesehatan umum bagi masyarakat. Selain itu, dari sisi ekonomi warga Sungai Pedado tergolong masyarakat menengah ke bawah, mayoritas mata pencaharian warga Sungai Pedado adalah tukang bangunan, petani, buruh,pembantu rumah tangga bahkan dimusim ekonomi sulit seperti saat ini banyak sekali pengangguran yang ada di Sungai Pedado. Dari sinilahkami menciptakan dunia pendidikan dankesejahteraan masyarakat melalui komunitas kami,” paparnya.

Untuk mecapai visi tersebut, maka komunitas ini mulai melakukan langkah- langkah yakni, mendirikan sebuah Smart Center sebagi pusat edukasi masyarakat serta anak-anak sekitar, lalu mendampingi masyarakat memenuhi kebutuhan dasarnya, bersinergi dengan berbagai pihak yang peduli mewujudkan kampung unggulan. Membangun nilai kreatif dan kemandirian dalam mental masyarakat, dan mengembangkan kampung kreatif yang berkelanjutan dalam aktivitas usahanya.
Tahun Kedua adalah Tahun Permulaan, kegiatan-kegiatan pendidikan dan pemberdayaan mulai dikembangkan lebih serius. Output dari Tahun Permulaan ini adalah berdiri nya Smart Center sebagai pusat edukasi masyarakat, dalam hal ini Komunitas Rumah Belajar Ceria bersinergi bersama PT Pertamina mendirikan TK PAUD permanen yang representatif di Sungai Pedado.
“Alhamdulillah ada donasi dari perusahaan ini dan maka , selain digunakan untuk TK PAUD gedung ini akan digunakan sebagai pusat edukasi masyarakat dimana keahlian, ilmu, kreatifitas dan kemandirian masyarakat akan juga dibina di Smart Center ini dengan program-program yang juga disusun RBC secara berkelanjutan,” jelasnya.
Maka di tahun berikutnya dia menuturkan, ada terbentuknya balai kesehatan masyarakat dan fasilitas sanitasi yang memadai, selain itu kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi kreatif ditarget kan sudah memiliki produk-produk andalan yang mampu mencover separuh dari seluruh warga yang ada di Sungai Pedado.
“Dilanjutkan dengan tahun berikutnya yakni tahun mandiri, dimana semua dikembangkan. Begitujuga dengan lokasi kampung yang kami buat sebagai “Kampung Wisata Sungai”. Disana ada hasil panen warga akan jamur yang dibudidayakan warga,’ tutupnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses